Arsenal menang tipis 1-0 saat menjamu Shakhtar Donetsk pada laga fase grup Liga Champions di Stadion Emirates, Rabu dini hari WIB.

The Gunners tampil menyerang sejak awal babak pertama untuk secepat mungkin mencetak gol  melalui tiga tendangan sudut pada lima menit pertama.

Salah satu hasil tembakan penjuru memberikan ancaman serius bagi pertahanan Shakhtar melalui tembakan jarak dekat Calafiori, namun melambung di atas mistar gawang.

Tim asuhan Mikel Arteta terus menyerang hingga kembali menciptakan peluang pada menit ke-22, tapi sontekan Trossard setelah mendapat umpan Marinelli dari sudut sempit, melebar di sisi gawang lawan.

Keberuntungan berpihak bagi Arsenal pada menit ke-29 setelah kesalahan lini belakang Shakhtar menyebabkan gol bunuh diri yang membuat tuan rumah unggul 1-0.

Setelah tertinggal, Donets masih kesulitan mengembangkan permainannya. Beberapa percobaan serangan balik yang cepat dilakukan, ditangkis lini pertahanan Arsenal pimpinan William Saliba dan Ben White.

Keunggulan Arsenal bertahan hingga wasit meniup pluit untuk mengakhiri babak pertama.

Arsenal tetap mendominasi permainan babak kedua. Kai Harvest dan kawan-kawan terus menyerang. 

Pada menit ke-62, ketika taktik diubah, tim Arteta belum bisa memperlebar keunggulan.

Shakhtar baru memberikan perlawanan pada 20 menit terakhir laga dengan meningkatkan intensitas permainan dengan memasukkan beberapa pemain ofensif. 

Usaha menyamakan kedudukan terus dilakukan melalui beberapa peluang yang tercipta namun bola tidak bisa menembus gawang Arsenal yang dikawal kiper David Raya.

Mendekati menit-menit akhir pertandingan Arsenal mulai fokus menjaga keunggulan dengan  mengurangi tekanan. 

Sebaliknya, serangan intensif Shakhtar termasuk saat tambahan waktu lima menit, tidak memberikan ancaman serius bagi pertahanan Arsenal.

Kemenangan itu menjadi modal penting bagi Arsenal untuk lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions musim ini.

Dengan tiga poin tambahan ini, Arsenal kini menduduki urutan keempat klasemen dengan tujuh poin dari tiga pertandingan dengan dua kali menang dan satu kali imbang.
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024