Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Prakiraan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang empat meter, meskipun saat ini masih 3,5 meter.

Gelombang laut empat meter itu juga berpotensi terjadi diperairan Enggano hingga Barat daya Enggano, kata analisis BMKG stasiun Meterologi fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Rabu.

Ia menjelaskan, gelombang laut tinggi itu dipicu oleh hembusan angin kencang di wilayah Barat Bengkulu yaitu rata-rata 25 knots dan diringi hujan lebat.

Angin di perairan Bengkulu bertiup dari Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan antara 05-23 knots dan angin di perairan REnggano bertiup dari Timur laut hingga Tenggera dengan kecepatan antara 08-25 knots.

Sedangkan hembusan angin di Samudra Hindia barat Bengkulu berpeluang dari arah Timur laut hingga Tenggara dengan kecepatan antara 10-25 knots, di wilayah it berpotensi hujan lebat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah tekanan rendah di Barat Perairan Bengkulu liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, hingga Barat Daya Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 05 - 36 kilometer perjam atau berkisar 03 - 20 knots.

Ia juga memprakirakan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang dilanda hujan lebat pada pagi,siang dan malam hari, dengan suhu udara berkisar antara 23-31 drajat celcius dan kelembaban antara 65-97 persen, jelasnya. (Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012