Jakarta (Antara) - Chile sukses melangkah ke perempat final setelah menekuk Panama 4-2 dalam laga penyisihan terakhir Grup D kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016 di Stadion Lincoln Finance Philadelphia, Pennsylvania, AS, Selasa malam waktu setempat atau Rabu.

Kemenangan itu, seperti dipantau Antara di Jakarta, menambah poin bagi Chile menjadi enam. Duet Eduardo Vargas dan Alexis Sanchez lah yang mengantarkan tim mereka menuju putaran delapan besar. Sedangkan Panama tidak meraih tambahan poin dan tetap meraih tiga poin.

Tim Los Canaleros mengawali persaingan ketat dengan gol cepat Miguel Camargo pada menit kelima. Bola yang berasal dari umpan Gabriel Gomez itu langsung disepak Camargo dari luar kotak penalti. Penjaga gawang Chile Claudio Bravo tidak merespons dengan cepat bola yang menjadi keunggulan pertama Panama 1-0.

Eduardo Vargas langsung membalas dan menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 lewat bola yang terpental dari kiper Jaime Penedo. Bermula dari tendangan Alexis Sanchez ke arah gawang yang mampu ditepis Penedo, bola pun mental dan langsung dimanfaatkan Vargas.

Berselang 20 menit, Vargas kembali mencetak gol bagi La Roja yang kali ini dengan sundulan kepala. Umpan Jean Andre Beausejour dari sisi kiri langsung disambut Vargas yang melompat dan tidak terhalang pertahanan Panama. Kedudukan 2-1 bagi anak-anak asuhan Juan Antonio Pizzi pada babak pertama.

Pada babak kedua, Chile kembali membobol gawang tim Hernand Gomez oleh temabakan Alexis Sanchez. Sumbangan gol kedua pemain bernomor punggung tujuh itu merupakan umpan dari Vargas yang diteruskan dengan tendangan voli ke gawang Penedo. Chile semakin unggul 3-1.

Namun, Panama tidak ingin tertinggal jauh dan mencetak satu gol oleh Abdiel Arroyo Molinar pada menit ke-50. Arroyo yang menggantikan Robertu Nurse pada menit ke-46 menghasilkan kedudukan 2-3 Panama lewat sundulan kepala dari tendangan bebas. Bola Arroyo sempat ditangkis sang kiper Bravo tapi telanjur masuk net.

Meski sudah lebih unggul, Chile tampak belum puas dengan perolehan skor dan menambah satu gol lewat Sanchez pada menit terakhir permainan. Tandukan kepala Sanchez dari umpan silang Jose Pedro Fuenzalida dari sisi kiri tidak sempat dihalau Penedo. Chile menang 4-2 dan berhak melaju ke perempat final.

Panama menjadi tim kedua yang gagal melangkah ke babak berikutnya dari Grup D bersama tim Bolivia yang belum pernah meraih satu poin pun. Tapi, Bolivia masih harus menghadapi Argentina pada laga terakhir lain grup meski hasil pertandingan itu tidak berdampak apapun bagi La Verde.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016