Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga Kota Bengkulu untuk mewaspadai angin kencang disertai gerimis yang melanda wilayah itu sejak Jumat siang.

"Kami sudah merilis peringatan dini tentang angin kencang yang berpotensi terjadi di wilayah Kota Bengkulu hingga ke Samudera Hindia," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan selain peringatan angin kencang, BMKG juga merilis peringatan dini gelombang tinggi hingga empat meter di perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano.

Peringatan dini tersebut berlaku hingga Sabtu (18/6) pukul 07.00 WIB dan selanjutnya akan diperbaharui prakirawan BMKG.

Khusus untuk nelayan, menurut Sudiyanto ketinggian gelombang tersebut dapat membahayakan keselamatan jiwa mereka. Sebab gelombang setinggi empat meter dapat membuat kapal terbalik.

Pantauan di Kota Bengkulu, angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan aliran listrik di beberapa titik juga padam.

Salah satu titik pohon tumbang terdapat di Jalan Kini Balu Kelurahan Tebeng yang sempat mengganggu arus lalu lintas di jalur itu.

Warga setempat langsung bergotong-royong membersihkan batang dan ranting pohon yang menutupi badan jalan.

"Kami bergotong-royong membersihkan batang dan ranting pohon sehingga jalur kembali normal," ucap Dodi, warga setempat.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016