Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan sebanyak empat puskesmas di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tetap buka 24 jam selama mudik dan balik Lebaran tahun 2016 ini.

"Untuk puskesmas di wilayah pinggir Jalinsum tetap buka 24 jam," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi, di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, puskesmas dekat pinggir Jalinsum itu berada di Kecamatan Pondok Suguh, Desa Pasar Bantal Kecamatang Teramang Jaya, Desa Bukit Mulya Penarik, dan Desa Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto.

Dia menyatakan, petugas medis di puskesmas itu akan bekerja dengan sistem piket. Tetapi tidak seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di puskesmas ini yang mendapatkan jatah piket selama lebaran.

"Kami minta pegawai yang berdomisili dekat puskesmas ini untuk tetap bekerja selama libur lebaran, termasuk pegawai yang nonmuslim," ujarnya lagi.

Begitupula petugas medis yang mendapatkan rumah dinas di puskesmas tersebut diminta bertugas siaga selama lebaran. Petugas medis itu minimal dokter umum, perawat, dan bidan.

Selain itu, katanya, instansi itu juga menyiagakan lima unit mobil ambulans puskesmas yang berada dekat dengan pos terpadu untuk pengamanan dan pelayanan kesehatan bagi mudik lebaran di sepanjang Jalinsum itu.

Ia menyebutkan, lima mobil ambulans itu akan disiagakan di lima posko yang tersebar di Kecamatan Air Rami, Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Selain itu, katanya, pihaknya juga menyiapkan beberapa orang tenaga medis puskesmas yang terdiri dari satu orang dokter, perawat, dan sopir mobil ambulans untuk bersiaga mengantisipasi berbagai kemungkinan selama arus mudik dan balik Lebaran 2016 ini.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016