Bengkulu (Antara-IPKB) - Puluhan bidan di Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali ikuti pelatihan tehnis komunikasi interpersonal (KIP) konseling alat bantu pengambil keputusan (ABPK).

Kasubbid Penyelenggara dan Evaluasi, Bidang Pelatihan dan Pengembangan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Arsyad mengatakan, pelatihan ABPK bagi bidan tahun ini akan dilaksanakan dalam dua angkatan dengan menyertakan 50 orang bidan.

Pelaksanaan pada angkatan I digelar pada 18-21 Juli 2016, yang diikuti  sebanyak 25 orang bidan dari sejumlah daerah kabupaten/kota di daerah itu.

Terdapat peserta dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Mukomuko masing-masing sebanyak tiga orang.

Dan untuk kabupaten lainnya seperti Rejanglebong, Kaur, Seluma, Lebong, Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Kepahiang masing-masing terdapat dua orang, sebut Arsyad.

Ia mengatakan, pelatihan yang berlangsung di aula Balatbang BKKBN itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi interpersonal/konseling bagi para provider dan petugas KB di lapangan. Yang menggunakan alat bantu pengambilan keputusan, katanya.

Ia menambahkan, pelatihan melibatkan tenaga bidan itu bertujuan membekali peserta dalam berbagai kemampuan dan keterampilan, agar memahami perkembangan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, sebutnya.

Selain itu, besar harapan melalui pelatihan tersebut, peserta memiliki pengetahuan KIP konseling KB dengan menggunakan ABPK.

Pelatihan tersebut juga, bertujan agar peserta dapat memahami aspek medis dan berbagi kelemahan dan kekurangan alat/obat kontrasepsi.

Dengan demikian maka peserta dapat meningkatkan kualitas pelayanan program KB.(rs)

Pewarta: Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016