Rejanglebong (Antara) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu mengusulkan pemberian bantuan bibit ikan untuk 80 kelompok tani dalam penyusunan APBD Perubahan daerah itu.

Kepala Disnakan Rejanglebong Amrul Eby saat dihubungi di Rejanglebong, Minggu, mengatakan bantuan bibit ikan untuk 80 kelompok petani ikan ini terdiri dari berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan nila, lele dan ikan mas.

"Usulan pemberian bantuan bibit ikan untuk 80 kelompok tani yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong tersebut sudah kami masukan dalam APBD Perubahan dan sudah dibahas oleh anggota dewan, kami berharap semuanya dapat disetujui dewan," katanya.

Jika usulan program pembagian bibit ikan gratis ini disetujui oleh DPRD Rejanglebong kata dia, maka bantuannya akan diberikan kepada kelompok petani ikan yang ada di 15 kecamatan, dan akan diprioritaskan untuk kelompok tani pemula yang akan mengembangkan ekonomi berbasis masyarakat dalam bidang perikanan di setiap desanya.

"Bantuan ini akan diberikan di setiap kecamatan untuk 5-6 kelompok tani, bantuan ini akan diutamakan kelompok pemula sehingga nantinya jumlah kelompok perikanan ini bisa bertambah terus," ujarnya.

Adapun benih ikan yang akan dibagikan dalam program itu tambah dia, merupakan hasil penangkaran di tiga balai benih ikan (BBI) di antaranya dari Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, BBI Belumai Kecamatan Padang Ulak Tanding dan BBI Dusun Baru, Kecamatan Curup.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten Rejanglebong, Zulkarnain mengatakan pembahasan APBD-P 2016 di daerah itu sudah final dan tinggal menunggu pengesahan dewan.

"Rencananya APBD-P tahun 2016 akan disahkan DPRD Rejanglebong dalam rapat paripurna yang akan digelar tanggal 3 Agustus mendatang. Untuk sejumlah kegiatan seperti program sekolah gratis, berobat gratis, termasuk pembagian bibit gratis mudah-mudahan bisa segera direalisasikan dalam APBD-P ini," ujarnya. ***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016