Amsterdam (Antara/Reuters) - Pesenam Belanda Yuri van Gelder telah diusir dari Olimpiade untuk pelanggaran serius atas aturan tim dengan keluar malam dan minum-minum di Rio setelah pertandingan kualifikasi untuk final, kata tim Belanda.

Atlet 33 tahun tersebut meninggalkan wisma atlet pada Sabtu malam dan menghabiskan malam dengan berpesta sebelum ia kembali lagi pada Minggu dini hari, pelanggaran keras karena mengkonsumsi alkohol dan meninggalkan markas tim.

"Sangat disayangkan untuk Yuri, tetapi kebiasaan tersebut tidak dapat diterima," kata pimpinan tim Belanda Maurits Hendriks dalam sebuah pernyataan, Selasa. "Dalam olahraga, kondisi seperti ini adalah bencana, tetapi kami tidak memiliki pilihan atas pelanggaran keras tersebut."

Van Gelder, juara dunia senam gymnastic pada tahun 2005,  telah melakukan pelanggaran keras juga di suatu kejuaraan. Pada 2009 dia ditangguhkan dari Persatuan Senam Atletik Belanda karena mengkonsumsi kokain tiga hari sebelum kejuaraan nasional.

Tim Belanda telah meningkatkan aturan hidup yang ketat untuk atlet. Menurut laporan media, mereka dilarang mengikuti pertandingan di Rio demi keamanan, sementara atlet yang telah menyelesaikan acara mereka harus kembali ke rumah untuk menghindari gangguan terhadap rekan satu tim.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016