Mukomuko (Antara) - Pemerintah pusat tahun ini mulai melakukan berbagai persiapan untuk pembangunan pelabuhan laut berstandar nasional di Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Persiapan sekarang ini penyusunan draf awal Detail Enggineering Design (DED)," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mukomuko Herlian, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti program pemerintah pusat yang berencana membangun pelabuhan laut berstandar nasional tahun 2017 di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu.

Ia menjelaskan, kemungkinan Minggu depan konsultan DED yang ditugaskan oleh pemerintah pusat turun untuk membuat DED pembangunan pelabuhan Kabupaten Mukomuko.

"Kami sebatas mendampingi konsultan melakukan perencanaan dan desain terinci pembangunan pelabuhan laut tersebut," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Ruslan menyatakan pembangunan pelabuhan berstandar nasional di daerah ini diprogramkan dimulai pada 2017.

Ia menjelaskan, anggaran pembangunannya bersumber dari APBN.

Pemerintah pusat, katanya, sebelumnya telah turun guna mensurvei dan mengkaji lokasi lahan pembangunan pelabuhan laut.

Pihaknya, katanya, telah menyerahkan sejumlah data penunjang untuk pembangunan pelabuhan laut di daerah itu.

Ia mengatakan, pemerintah setempat menyiapkan lahan seluas 12 hektare untuk pembangunan pelabuhan berstandar nasional tersebut. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016