London (Antara/Reuters) - Middlesbrough memberi kekalahan 1-2 kepada manajer baru Sunderland David Moyes pada laga kandang debutnya, dan West Ham United menang 1-0 atas Bournemouth melalui gol larut untuk menjadi kemenangan kandang perdana mereka di Liga Inggris di Stadion London mereka yang baru pada Minggu.   

Pemain Boro Christian Stuani mengemas dua gol pada babak pertama untuk membawa timnya meraih tiga angka, sedangkan tandukan Michail Antonio memberi kemenangan bagi West Ham saat melawan Bournemouth yang harus tampil dengan sepuluh pemain sejak menit ke-78 karena gelandang Harry Arter diusir keluar lapangan.

Kedua pertandingan itu mengandung kepentingan tambahan ketika Boro dan Sunderland memperbarui rivalitas mereka setelah keduanya terakhir kali saling berhadapan di liga delapan tahun silam dan, dengan terdegradasinya Newcastle United, laga ini menjadi satu-satunya derby Inggris timur laut pada musim ini.

Bagi manajer West Ham Slaven Bilic, apapun selain kemeangan pada pertandingan liga perdana di kandang baru mereka akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan "seperti bola salju" mengenai kebijakan untuk pindah dari Upton Park ke stadion baru yang berkapasitas 60.000 penonton.

Sunderland, yang kalah pada pertandingan pembukaan liga di markas Manchester City, memiliki lima pemain yang melakukan debut kandangnya namun pasukan Moyes benar-benar kesulitan untuk membendung serangan Middlesbrough.

Penyerang Boro asal Uruguay Stuani menjadi pembeda, pertama dengan aksi briliannya pada menit ke-12 dan kemudian ia menjadi penutup upaya timnya dengan mengukir gol kedua sebelum turun minum. Pemain Belanda Patrick Van Aanholt mencetak satu gol balasan untuk tim tamu, namun itu sudah terlambat.

"Selalu penting untuk menang, khususnya pada derby dan untuk para penggemar kami yang telah menunggu momen ini untuk kurun waktu yang lama, maka saya senang untuk para pemain dan para penggemar," kata manajer Boro Aitor Karanka, yang timnya kini menghuni peringkat keenam dengan empat angka.

    
Kegembiraan London
Di London, empat tahun silam Stadion Olympic menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Olimpiade namun pada Minggu, ketika Rio de Janeiro bersiap menutup Olimpiade edisi terbaru, bendera-bendera kembali banyak berkibar ketika West Ham memberikan sesuatu untuk membuat para penggemarnya bergembira.

Para penggemar tuan rumah sempat melalui masa penantian yang mencemaskan ketika pasukan Bilic, yang tidak diperkuat penyerang-penyerang Andre Ayew, Andy Carroll, dan Dimitro Payet karena cedera, kesulitan menembus pertahanan lawan sampai gelandang berpengaruhnya Arter diusir keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Hal itu membuka ruang di belakang dan tujuh menit kemudian Antonio melompat di tiang jauh untuk menanduk umpan silang dari Gpkhan Tore. Kemenangan ini membawa West Ham, yang kalah pada pertandingan pembukaan di markas Chelsea, naik ke peringkat kesepuluh dengan tiga angka.

"Ini bukan pertandingan bagus, namun para pemain begitu brilian," kata Bilic.

"Ini adalah hal bagus terkait upaya, semangat tim, kualitas agresi. Penting untuk menang karena orang-orang akan mulai menanyakan pertanyaan-pertanyaan. Inikah kandang yang layak? Itu akan seperti bola salju."

Bilic mengatakan Carroll, yang memiliki sejarah panjang cedera, akan absen sampai enam pekan karena masalah pada paha. Pria Kroasia itu menambahi bahwa klub akan berusaha mendatangkan setidaknya satu pemain sebelum bursa transfer ditutup pada akhir bulan.

"Saya akan berbicara kepada ketua besok. Jika kami mendapatkan satu (pemain), mudah-mudahan itu akan menjadi pemain yang bagus," ucapnya.

Kekalahan ini membuat Bournemouth menghuni dasar klasemen tanpa satu angka pun, di belakang Crystal Palace, yang kalah dari Tottenham Hotspur pada Sabtu, dan Sunderland yang unggul selisih gol.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016