Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menyepakati rencana pembangunan pabrik Semen Padang yang akan berdiri di kawasan Pelabuhan Pulau Baai, kota setempat.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Selasa mengatakan, pihaknya menilai penanaman investasi yang berupa pabrik semen tersebut akan memberikan dampak positif yang cukup besar bagi kota itu.

"Tadi sudah tanda tangan MoU, kami menunggu realisasinya, adanya pabrik pengepakan Semen Padang nantinya tentu akan menyerap tenaga kerja dari masyarakat kita, harganya juga akan jauh lebih rendah, banyak manfaat yang didapat," kata dia.

Dengan banyaknya industri yang berinvestasi di Kota Bengkulu, kata Helmi, diharapkan mampu menumbuhkan sisi perekonomian lainnya, seperti perhotelan, kuliner, transportasi, pariwisata dan sektor lainnya yang diyakini akan mampu menyerap lapangan kerja sesuai dengan tekad Pemerintah Kota Bengkulu, yakni 50 ribu lapangan kerja.

"Untuk pembangunan infrastruktur ini semua juga akan lebih efisien karena kita pemerintah kota tidak lagi membeli semen yang sudah di pak, tetapi PT Semen Padang menyediakan dalam bentuk cair karena mereka sudah punya pabrik di sini, sehingga nanti harganya akan lebih murah," kata dia lagi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry mengatakan, pembangunan pabrik Packing Plants atau pengepakan ini bertujuan agar pelayanan bagi pelanggan di Bengkulu lebih optimal.

"Kalau kita distribusikan dari Padang Sumatera Barat banyak risiko, seperti kalau hujan kita tidak bisa melakukan aktivitas bongkar muat karena semen bisa basah dan rusak," kata dia.

Dengan berhentinya aktivitas tersebut, maka konsumen di Bengkulu akan mengalami kelangkaan stok semen, sehingga berpotensi mendorong harga menjadi lebih tinggi dari harga normal.

"Keuntungan lainnya yakni bagi daerah, kami akan menyerap tenaga kerja, proporsinya 60 dibanding 40 persen," ucapnya.

PT Semen Padang juga akan menyalurkan dana CSR bagi masyarakat berupa bantuan kemanusiaan, pendidikan dan pelatihan.

"Kami menjadi perusahaan terbaik dalam pelaksanaan program coorporate social responsibility (CSR) dan sudah mendapatkan penghargaan dalam ajang CSR Award (ICA) 2014," ujarnya. ***3*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016