Bengkulu (Antara) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyampaikan hingga Selasa, dua jemaah haji asal Bengkulu meninggal dunia di Madinah.

Pejabat pengganti sementara Kepala Kanwil Kemenag Bengkulu Bustasar, di Bengkulu, Selasa, mengatakan dua jemaah tersebut berasal dari Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara.

"Pada Kamis (18/8) jemaah haji Kabupaten Bengkulu Tengah atas nama Tasniah (76) jenis kelamin perempuan meninggal dunia," kata dia.

Pada Minggu (21/8), jemaah haji asal Kabupaten Bengkulu Utara atas nama Din Azhari (72) meninggal dunia, almarhum mengeluhkan sesak pada pernapasannya.

"Beliau meninggal sekira pukul 05.00 waktu Arab Saudi, kami telah menyampaikan ke pihak keluarga informasi ini," kata dia lagi.

Menurut Bustasar, almarhum tergabung dalam Kelompok Terbang Tiga Embarkasi Haji antara Bengkulu atau Kloter Lima embarkasi Padang Sumatera Barat.

"Kita berdoa agar jemaah haji yang meninggal dunia ditempatkan di sisi terbaik yang Maha Kuasa dan pahala hajinya digenapkan," katanya lagi.

Selain itu, menurutnya, ada beberapa jemaah haji asal Bengkulu yang mendapatkan perawatan kesehatan karena penurunan kondisi fisik.

"Rata-rata keluhannya dehidrasi dan kondisi fisik melemah karena penyesuaian cuaca yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan di Bengkulu," ujarnya lagi.

Bustasar mengimbau agar jemaah haji setempat membiasakan memperbanyak konsumsi air mineral agar dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, karena tubuh mudah kehilangan cairan akibat cuaca panas di Arab Saudi.

"Kalau keluarga ada yang menelepon jemaah haji, mohon sampaikan agar perbanyak minum air putih dan banyak beristirahat," katanya pula.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016