Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2012, mengusulkan dana untuk membiayai rekaman lagu-lagu daerah sebesar Rp1 miliar.

Dana sebesar itu akan membiayai kegiatan peluncuran, izin peredaran dan untuk honor penyanyi sekaligus pencipta lagu, kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkulu Selatan Fauzi, Kamis.

Ia mengatakan, usulan tersebut juga digunakan pada biaya produksi pembuatan kaset lagu-lagu daerah setempat, hal itu sudah diusulkan ke DPRD setempat sejak beberapa tahun lalu.

Pada tahun 2011 usulan tersebut belum direalisasikan dewan dengan alasan belum menjadi prioritas, hal itu akan kembali diusulkan pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2012.

Kurun waktu 20 tahun terakhir lagu daerah Kabupaten Bengkulu Selatan baru diproduksi satu buah lagu dirilis sampai menjadi kaset yaitu lagu berjudul "Sukatan Matau".

Bila dialokasikan dana untuk mengorbitkan lagu-lagu daerah itu rutin setiap tahun, maka sumber daya manusia mulai pencipta lagu hingga penyanyi dan musik tradisionalnya bisa diberdayakan.

Idealnya pos anggaran itu dialokasikan agar Bengkulu Selatan memiliki ikon tersendiri dan menjadi kebanggaan generasi muda ke depan karena seni budaya bidang lagu-lagu Bengkulu Selatan dapat dirilis khusus.

Di Bengkulu Selatan cukup banyak karya lagu daerah diiringi musik manual sudah dikonsumsi masyarakat, namun legalitas formal belum diakui sepenuhnya baik daerah maupun di kancah seni tingkat provinsi.

Beberapa karya lagu daerah ciptaan Dali Yazid sudah terdaftar di Hubkominfo antara lain berjudul kemane agi, sinjang, lenggang serawai, sunting, ading, pantai kitau, harapan, pantun serawai, bedindang dan pegi berayak.

Ketua Bappeda Bengkulu Selatan Ir Ramlan Saim mengatakan, seni budaya daerah itu sudah dimasukan dalam usulan pada anggaran 2012, namun semuanya tergantung DPRD untuk menyetujuinya.

Budaya dari Bengkulu Selatan tersebut, perlu dipromosikan ke luar Bengkulu dan bahkan sampai ke negara tetangga Malaysia karena masih satu rumpun melayu dan warga Bengkulu Selatan juga banyak berdomisili di Malaysia, ujarnya.(ANT-Z005)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2011