London (Antara/Reuters) - Gol mengejutkan dari Jordan Henderson membantu Liverpool mengamankan kemenangan 2-1 di Stamford Bridge pada Jumat, yang mengakhiri start tidak terkalahkan klub London itu di musim ini.

Liverpool mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan itu dan mengantungi keunggulan 2-0 setelah Dejan Lovren tidak terkawal untuk mencetak gol pembukaan, dan Henderson mengarahkan bola ke sudut atas dari jarak 30 meter untuk membawa tim tamu memimpin saat turun minum.

Chelsea memberikan perlawanan setelah istirahat ketika sepakan dengan menggunakan sisi kaki Diego Costa dari jarak dekat berbuah gol pada menit ke-61, namun hanya ada sedikit aksi di mulut gawang ketika Liverpool dengan nyaman mempertahankan keunggulannya.

Kemenangan ini membawa Liverpool selevel dengan Chelsea dengan koleksi sepuluh angka setelah lima pertandingan, dan mencegah tim London itu memuncaki klasemen menjelang pertandingan-pertandingan tersisa pada akhir pekan ini.

Liverpool lebih tajam sejak awal dibanding Chelsea asuhan Antonio Conte, yang terlihat bertahan lebih dalam dan mengundang tekanan dari tamunya, yang leluasa mengurung pertahanan tuan rumah pada fase-fase awal pertandingan.

Daniel Sturridge menebar ancaman saat pertandingan baru berlangsung dua menit, melepaskan tembakan melengkung dari tepi kotak penalti yang lepas dari genggaman kiper Thibaut Courtois dan nyaris melewati garis gawang, namun tidak lama kemudian Liverpool membuka keunggulan.

Dengan tipikal Chelsea yang tampil lambat, Liverpool membuka keunggulan saat tuan rumah terdesak ke belakang.

Tendangan bebas mengarah kepada Philippe Coutinho dan umpan silang dalamnya menuju empat pemain Liverpool yang tidak terkawal di tiang jauh, di mana Lovren dengan tenang melepaskan sepakan melewati Courtois.

Bukannya memicu respon Chelsea, tuan rumah justru terlihat semakin terkurung, hanya sesekali melancarkan serangan sporadis namun jarang benar-benar mengancam gawang Liverpool.

Satu-satunya separuh peluang di 45 menit pertama didapat melalui tendangan bebas Willian yang ditanduk ke atas mistar gawang oleh David Luiz, yang melakukan debut keduanya untuk Chelsea setelah didatangkan kembali dari Paris Saint Germain (PSG).

Gol kedua yang diperoleh Liverpool dari sepakan mengejutkan Henderson tercipta pada menit ke-36, dan itu benar-benar merefleksikan dominasi Liverpool pada babak pertama.

Gary Cahill menyapu bola yang tertuju kepada Henderson yang berada pada jarak 30 meter dari gawang, dan ia melepaskan sepakan melengkung ke sudut atas gawang tuan rumah.

Setelah benar-benar ditekan pada babak pertama, Chelsea mencoba bangkit setelah turun minum dan memperkecil ketertinggalan pada menit ke-61, ketika Costa menyarangkan gol kelimanya di Liga Inggris musim ini.

Nemanja Matic, yang tampil di bawah standar pada babak pertama, melakukan aksi brilian untuk membawa bola melewati garis tengah dan mengirimkan bola kepada Costa, yang sepakan sisi samping kakinya tidak dapat dihalau Simon Mignolet dan membakar kembali semangat penggemar tuan rumah.

Sang penyerang kemudian memiliki peluang bagus untuk menyamakan kedudukan empat menit kemudian, memutar bola sebelum melepaskan tembakan lurus ke arah Mignolet dari jarak 15 meter, namun meski Chelsea mengepung gawang Liverpool pada fase akhir pertandingan, gol penyama kedudukan tidak pernah terwujud.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016