Bengkulu (Antara) - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyebutkan seluruh jemaah haji setempat dalam keadaan sehat untuk diterbangkan pada 21 September 2016 dari Arab Saudi.

Pejabat pengganti sementara Kepala Kemenag Provinsi Bengkulu Bustasar di Bengkulu, Selasa, mengatakan kesehatan jemaah haji Bengkulu sudah sesuai dengan standar penerbangan internasional.

"Memang ada yang sakit ringan dan dalam tahap penyembuhan, tetapi tetap bisa diterbangkan pulang, jadi tidak ada yang tertahan di Arab Saudi," kata dia.

Pada 21 September 2016, yang diterbangkan kembali ke tanah air yakni kelompok terbang (Kloter) I Provinsi Bengkulu yang tergabung dengan Kloter III embarkasi Sumatera Barat.

Hari selanjutnya pada 22 September giliran Kloter II yang tergabung dengan Kloter IV Sumatera Barat yang dijadwalkan sampai di Bengkulu.

"Kloter III yang tergabung dengan Kloter V sebagai kloter terakhir yang sampai di Bengkulu, semuanya transit dulu di Bandara Internasional Minangkabau Sumatera Barat," kata dia lagi.

Setelah berganti pesawat dengan yang pesawat berbadan sedang, jemaah haji Provinsi Bengkulu langsung diterbangkan menuju Bandara Fatmawati Bengkulu.

"Sampai di Bengkulu baru digelar pemeriksaan kesehatan akhir sebelum berkumpul kembali bersama keluarga," ucap Bustasar.

Jumlah jemaah haji Bengkulu yang akan pulang ke tanah air yakni sebanyak 1.292 orang, dua orang jemaah haji meninggal dunia saat pelaksanaan ibadah dan dimakamkan di Mekkah.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016