Mukomuko (Antara) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menganggarkan penerbitan sertifikat Proyek Operasional Nasional Agraria (PRONA) bagi masyarakat daerah itu sebanyak 1.942 persil tahun 2016.

"Penerbitan sebanyak 1.942 persil sertifikat itu diperuntukkan bagi lahan milik masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini," kata Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mukomuko, Gatot Tejar, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, program nasional ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk membantu masyarakat terutama yang ekonomi miskin untuk mendapatkan sertifikat murah.

Selain itu, katanya, untuk mendorong masyarakat setempat yang selama ini terbentur dengan biaya kepengurusan sertifikat untuk mendapatkan sertifikat murah.

Karena, katanya, beberapa item pembiayaan dalam pembuatan sertifikat ini disubsidi oleh pemerintah pusat.

Ia mengatakan, melalui program ini, maka secara bertahap seluruh lahan milik masyarakat terdaftar ke negara.

Ia mengatakan, program nasional itu bertujuan untuk membantu masyarakat terutama yang mempunyai usaha menengah kecil mikro (UMKM) mendapatkan pinjaman modal usaha dengan agunan sertifikat.

Pihaknya, katanya, bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mendapatkan data pemilik UMKM di daerah itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, program nasional ini tidak hanya untuk masyarakat perekonomian miskin saja, tetapi untuk semua masyarakat setempat. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016