Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong warga setempat untuk membudidayakan ikan nila di lahan pekarangan rumahnya.

"Kita siap bantu benih ikan untuk warga masyarakat yang sudah mempunyai kolam ikan di pekarangan rumahnya," kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Efin Maswandi di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah setempat masih mempunyai stok sebanyak 270 ribu benih ikan nila, gurame, lele, mas dan tawes untuk kelompok pembudidaya ikan di daerah itu.

Ia mengatakan, warga harus membangun kolam terlebih dahulu. Setelah itu mereka membuat kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) diketahui oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

"Kita akan berikan bantuan benih ikan kepada kelompok yang mengajukan bantuan tersebut," ujarnya.

Ia menyarankan, warga setempat membudidayakan ikan nila karena jenis ikan ini lebih kuat untuk bertahan hidup selain ikan lele.

Selain itu, katanya, kolam untuk ikan ini cukup menggali tanah dan lebih bagus lagi apabila berada di air yang mengalir. Kalau tidak ada air mengalir memanfaatkan sumber air terdekat.

Selain bantuan benih ikan, katanya, petugas instansi itu juga memberikan pendampingan cara budi ikan kepada warga.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016