Rejang Lebong (Antara) - Ribuan pembalap motor trail dari berbagai daerah di Tanah Air mengikuti ajang jelajah alam Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam rangka promosi wisata daerah itu.

Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Ahmad Hijazi saat melepas seribuan pencinta motor trail yang mengikuti event yang dinamakan Jelajah Alam Pat Petulai (JAPP)#3 di Lapangan Setia Negara Curup, Minggu, mengatakan dirinya berkeinginan mengadakan kegiata serupa dengan skala nasional.

"Setelah melihat antusiasme peserta JAPP ini, tahun depan kita akan buat event seperti ini lebih meriah lagi dengan skala nasional yang jadwalnya bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Curup ke-137 tahun 2017 mendatang," katanya.

Kegiatan jelajah alam skala nasional yang akan dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong tersebut kata dia, guna menyukseskan pembentukan program Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota wisata.

Hal ini juga diperkuat dengan ditetapkannya Rejang Lebong sebagai kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN) di Provinsi Bengkulu oleh Kementerian Pariwisata, di mana rute yang akan dilalui pembalap ini ialah seluruh lokasi wisata yang ada di Rejang Lebong.

Kegiatan JAPP#3 yang dilaksanakan Kodim 0409 Rejang Lebong bersama Pemkab Rejang Lebong dan sejumlah pihak lainnya itu tambah dia, merupakan sarana untuk mempromosikan kawasan di daerah itu kepada kalangan pencinta trail dari berbagai daerah di Tanah Air.

Sementara itu, Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya dalam kesempatan itu mengatakan, peserta JAPP#3 yang mereka gelar kali ini diikuti lebih dari 1.000 peserta dengan rincian sekitar 600 orang dari Provinsi Bengkulu dan sisanya dari berasal dari kota-kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Para peserta jelajah alam ini melintasi rute yang sudah mereka tentukan yang terbagi dalam dua kategori yakni rute umum yang tracknya 80 persen jalur alam dan rute eksekutif yang jalurnya 80 persen merupakan jalan desa.

Kalangan pembalap di lepas dari Lapangan Setia Negara Curup, kemudian melaju kearah Kecamatan Curup Utara, Bermani Ulu, Curup Timur. Kemudian berbelok ke arah Kecamatan Selupu Rejang dan finish di Kawasan Danau Mas Harun Bastari di untuk pembagian doorprize untuk peserta. ***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016