Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mendatangkan dokter spesialis untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat di desa terpencil di daerah itu.

"Kita akan datangkan dokter spesialis ke desa terpencil. Dokter spesialis ini akan memberikan pelayanan kesehatan setiap tiga hingga enam bulan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Junharto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya mendatangkan dokter spesialis yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis penyakit yang diderita oleh warga masyarakat tersebut.

Ia menyebutkan, seperti dokter spesialis penyakit jantung dan penyakit dalam, termasuk dokter spesialis yang tidak ada di puskesmas dan RSUD di daerah itu.

"Warga sulit mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis dua jenis penyakit karena jarak tempuh dari wilayahnya ke pusat pelayanan kesehatan, untuk itu kewajiban kita untuk mendatangkannya," ujarnya.

Sedangkan, lanjutnya, pelayanan kesehatan untuk penyakit ringan cukup oleh dokter umum di puskesmas terdekat di wilayahnya masing-masing.

"Dokter umum di puskesmas rutin memberikan pelayanan kesehatan bagi warga desa terpencil di daerah itu," ujarnya.

Ia menyebutkan, desa yang tergolong terpencil di daerah itu tersebar di Kecamatan Malin Deman dan Kecamatan Selagan Raya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016