Bengkulu,  (ANTARA Bengkulu) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bengkulu Nana Sudjana menyatakan, enam kabupaten yang berada di wilayah pesisir barat membutuhkan puluhan sirene peringatan dini tsunami untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga menghadapi ancaman bencana alam itu.

"Enam kabupaten pesisir sama sekali tidak memiliki sirene tsunami, sehingga pembangunannya mendesak, yang ada saat ini hanya di Kota Bengkulu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Nana Sudjana di Bengkulu.

Enam kabupaten tersebut yakni Kabupaten Mukomuko, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan sebagian wilayah Kabupaten Bengkulu Utara serta Bengkulu Tengah.

Ia mengatakan dua sirene yang terpasang di dua lokasi di Kota Bengkulu, merupakan bantuan dari BMKG pusat yang ditempatkan di lingkungan Kantor Gubernur Bengkulu dan satu unit di kawasan wisata Pantai Panjang.

Dua alat tersebut kondisinya berfungsi baik, sebab rutin diuji coba setiap bulan, tepatnya tiap tanggal 26.

Dalam pengoperasiannya alat tersebut, dikendalikan dari Kantor BPBD Provinsi Bengkulu secara manual.

Namun, jika terjadi gempa berpotensi tsunami dan pengoperasian alat tersebut terhambat maka akan dibunyikan secara otomatis dari BMKG pusat.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat menambah alat ini, karena kalau mengandalkan dua unit ini saja sama sekali tidak memadai," tuturnya.

Ia mengatakan untuk Kota Bengkulu saja jumlah sirene tersebut masih kurang, sebab jangkauan bunyi sirene hanya 5 kilometer.

Sedangkan panjang pesisir lebih dari 20 kilometer yang padat penduduk, sehingga penambahan alat tersebut wajib diprioritaskan.

"Seperti di Kelurahan Teluk Sepang yang daratannya sama dengan permukaan laut, itu sangat rawan tsunami tapi alat sirene tidak ada disana," tukasnya.

Menurut dia, dibutuhkan minimal 10 alat sirene tsunami khusus di Kota Bengkulu untuk mendukung kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

Ia mengatakan selain Kota Bengkulu, enam kabupaten lainnya juga rawan tsunami sebab memiliki wilayah pemukiman padat penduduk di pesisir pantai. (rni)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012