Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan proyek perbaikan jalan wisata menuju Gunung Api Bukit Kaba di Kecamatan Sumber Urip senilai Rp3,3 miliar mulai dikerjakan.

Menurut keterangan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Rejang Lebong, Budianto, di Rejang Lebong, Senin, pengerjaan peningkatan dan perbaikan jalan menuju kawasan wisata alam itu sempat tertunda karena adanya penundaan pembayaran dana alokasi umum (DAU) yang diterima daerah itu.

"Untuk perbaikan jalan menuju Bukit Kaba tersebut saat mulai memasuki tahap pengerjaan, proses pengerjaannya sempat tertunda karena adanya penundaan pembayaran DAU yang diterima Rejang Lebong. Proyek ini ditargetkan rampung sebelum tahun nanti," katanya.

Pengerjaan perbaikan jalan menuju kawasan wisata di daerah itu kata dia, akan dimulai dari simpang Desa Karang Jaya sampai ke gerbang wisata Bukit Kaba di Desa Sumber Urip, yang pembiayaannya berasal dari APBD-P 2016 dengan besaran mencapai Rp3,3 milliar. Anggaran ini mengalami pengurangan dari sebelumnya dianggarkan sebesar Rp9 milliar.

Akses yang diperbaiki tiu tambah dia, tidak sampai ke dalam kawasan hutan Bukit Kaba, dengan panjang 3 KM atau hanya sampai di pos Pokdarwis Bukit Kaba. Sedangkan untuk pembangunan jalan hingga ke puncak Gunung Api Bukit Kaba saat ini masih menunggu izin dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu dan izin dari Kementerian LHK.

Dijelaskan Budianto, dalam pengerjaan proyek itu selain dilakukan perbaikan juga dilakukan pelebaran jalan atau penambahan bahu jalan dengan lebar satu meter kiri dan kanan dengan menggunakan cor beton, sehingga tidak mudah tergerus oleh air.

Selain itu, dibeberapa titik yang selama ini rawan longsor juga dibangun pelapis atau penahan tebing sehingga akan mecegah terjadinya abrasi.

Sejauh ini rekanan yang mengerjakan proyek itu tambah dia, mengalami kendala lapangan dengan tingginya curah hujan yang turun di kawasan itu, akibatnya pengerjaannya hanya dilakukan saat cuaca cerah saja.

TWA Gunung Api Bukit Kaba yang berada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, merupakan salah satu kawasan wisata di daerah itu yang ramai didatangi pengunjung terutama kalangan anak muda baik Rejang Lebong maupun kota-kota di Bengkulu serta dari luar Provinsi Bengkulu.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016