London (Antara/Reuters) - Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane kembali dari cedera untuk membawa timnya bermain imbang 1-1 pada derby London utara, dan menggagalkan Arsenal memuncaki klasemen Liga Inggris pada Minggu.   

Memerlukan kemenangan perdana atas Tottenham di liga dalam lima pertemuan untuk dapat menggeser Chelsea yang sebelum laga memuncaki klasemen, Arsenal mendapat bantuan pada pertandingan yang dilangsungkan pada siang hari ketika Kevin Wimmer membukukan gol sebelum turun minum.

Namun Kane, yang absen sejak pertengahan September karena cedera pergelangan kaki, menyamakan kedudukan setelah turun minum dari eksekusi penalti.

Kane menyia-nyiakan dua peluang bagus, ketika kedua tim memiliki peluang yang digagalkan oleh tiang gawang pada pertandingan derby yang berlangsung sengit ini.

Theo Walcott melepaskan tembakan keras yang mengenai mistar gawang pada babak pertama, sedangkan Tottenham, yang mengakhiri pertandingan dengan lebih meyakinkan, nyaris mendapatkan gol kemenangan ketika tendangan bebas melengkung Christian Eriksen menghindari semua orang di kotak penalti dan mengenai tiang gawang.

Bukannya memasuki jeda internasional dengan memuncaki klasemen, Arsenal turun ke peringkat keempat dengan 24 angka dari 11 pertandingan, tertinggal satu angka dari Chelsea dan dua angka dari Liverpool, yang melompati semua tim berkat kemenangan 6-1 atas Watford pada pertandingan yang dilangsungkan sore hari.

Tottenham masih tidak terkalahkan di Liga Inggris, namun mereka menelan hasil imbang pada empat pertandingan terakhirnya dan tetap berada di peringkat kelima dengan 21 angka.

"Saya sangat senang dengan penampilan (tim)," kata manajer Tottenham Mauricio Pochettino, yang timnya berkembang banyak dari saat mereka kalah dari Bayer Leverkusen di Liga Champions pada tengah pekan.

"Mereka menciptakan beberapa peluang dan kami menciptakan sejumlah peluang, mungkin imbang merupakan hasil yang adil. Kami mengawali babak kedua dengan sangat baik dan ini merupakan pertandingan yang sangat terbuka. Ini adalah bulan yang berat maka untuk dapat melalui 11 pertandingan tanpa terkalahkan merupakan hal yang sangat positif bagi kami.

Manajer Arsenal Arsene Wenger mengatakan timnya begitu "datar" pada babak kedua, namun berpikir kalau penalti Tottenham merupakan sesuatu yang berlebihan.

"Dari posisi saya duduk itu tidak terlihat berbahaya untuk mencetak gol atau pelanggaran yang disengaja," ucapnya. "(Victor) Wanyama beruntung masih bisa berada di lapangan, setelah tiga atau empat pelanggaran, sikutan terhadap Walcott."   

Kane menanduk bola umpan silang Eriksen melebar dari depan gawang, ketika Arsenal awalnya terlihat terkecoh oleh formasi Tottenham yang menampilkan tiga bek tengah dalam diri Wimmer, Eric Dier, dan Jan Vertonghen, di mana dua full back Kyle Walker dan Danny Rose menyerang pada setiap kesempatan.

Arsenal mulai meningkatkan tekanan dan Alex Iwobi semestinya dapat mencetak gol setelah serangan balik cepat, namun tembakannya mengarah lurus ke kiper Hugo Lloris.

Walcott melaju dari jarak jauh namun tembakannya masih membentur mistar gawang, sedangkan Mesut Ozil yang menyambar bola pantul melepaskan sepakan yang melambung.

Wimmer, yang memainkan pertandingan penuh pertamanya di liga musim ini, kemudian merasakan mimpi buruk, membelokkan tendangan bebas Ozil pada menit ke-42 ke gawangnya sendiri di bawah tekanan dari Laurent Koscielny.

Kane memberi ancaman pada serangan Tottenham dan ia tidak melakukan kesalahan saat mengeksekusi tendangan penalti, setelah wasit Mark Clattenburg memutuskan bahwa Mousa melakukan pelanggaran kepada Mousa Dembele.

Ia kini telah mencetak lima gol dari empat "derby" London utara, dan semestinya menjadi enam gol ketika ia gagal menyambar dengan sempurna umpan silang mendatar Danny Rose.

Eriksen memaksa Cech melakukan penyelamatan bagus dan saat Arsenal mencari gol kemenangan, Spurs menyelesaikan pertandingan dengan lebih meyakinkan di mana pemain pengganti Vincent Jansen menyia-nyiakan peluang larut untuk mengamankan kemenangan.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016