Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 akan melakukan deteksi dini penderita penyakit Kanker Serviks di daerah itu.

"Deteksi dini penderita penyakit ini digelar hari Jumat (18/11) di sejumlah puskesmas yang mempunyai tenaga terlatih untuk melakukan deteksi dini," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Khairul Saleh, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, sejumlah puskesmas yang mempunyai tenaga terlatih itu, yakni puskesmas Kecamatan Ipuh, puskesmas Kecamatan Penarik, puskesmas Kecamatan Teramang Jaya.

Kemudian, lanjutnya, puskesmas Kecamatan Kota Mukomuko, puskesmas di Kecamatan Air Rami, puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang.

Tenaga terlatih di puskesmas ini, katanya, melakukan deteksi dini dengan cara memeriksa warga masyarakat yang berada di wilayahnya masing-masing.

"Petugas memberikan pelayanan gratis bagi warga masyarakat setempat," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, warga masyarakat yang positif menderita penyakit ini akan menjalani pengobatan sampai sembuh.

Ia menerangkan, peringatan HKN itu tidak hanya berupa kegiatan deteksi dini penderita penyakit ini, termasuk senam jantung sehat bagi karyawan instansi ini, puskesmas, dan masyarakat.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016