London (Antara/Reuters) - Liverpool mencapai semifinal Piala Liga setelah pemain berusia 17 tahun Ben Woodburn menikmati malam yang menyenangkan, dengan menjadi pencetak gol termuda bagi klub ketika ia memastikan kemenangan 2-0 atas Leeds Unitd pada Selasa.   

Pemain muda ini melepaskan sepakan voli bertenaga yang masuk gawang dari jarak dekat di depan tribun The Kop pada menit ke-81 untuk menggandakan keunggulan Liverpool, dan secara simultan menghapus nama mantan penyerang Inggris Michael Owen dari buku rekor klub.

Pada usia 17 tahun 45 hari, Woodburn 98 hari lebih muda dibanding Owen, ketika ia mengemas gol untuk pertama kalinya pada 1997.  

Ini merupakan malam ujian bagi Liverpool, yang dibuat frustrasi pada sebagian besar jalannya pertandingan di Anfield dan sempat ditekan oleh lawannya yang bermain di strata kedua, di mana Leeds menggempur mereka dan memiliki peluang yang membentur tiang gawang pada babak kedua.

Bagaimanapun, pemain tuan rumah Divock Origi meluncur untuk membukukan gol pembukaan pada menit ke-76, sebelum Woodburn mencetak gol empat menit kemudian ke gawang rival lama klub.

"Kami semua tahu betapa mudanya Woodburn, namun hal itu tidak terlihat di sesi-sesi latihan," kata manajer Liverpool Juergen Klopp kepada Sky Sports. "Ini merupakan cerita indah dan semua pemain benar-benar gembira untuk dia. Semua orang tersenyum di ruang ganti."

Liverpool akan ditemani di empat besar oleh Hull City, yang menaklukkan pemuncak klasemen Championship (strata kedua) Newcastle United ketika tim tamu gagal memasukkan tiga penalti sehingga kalah adu penalti 1-3 setelah pertandingan berakhir imbang 1-1 pada masa tambahan waktu.

    
Delapan perubahan
Dengan sejumlah masalah cedera pemain yang harus ditangani dan jadwal pertandingan padat, Klopp melakukan delapan perubahan dari tim yang menang atas Sunderland di Liga Inggris pada Sabtu, dan memberikan kesempatan bermain kepada sejumlah pemain muda.

Terdapat perasaan ditekan terhadap permainan Liverpool pada babak pertama ketika Leeds menikmati peluang-peluang terbaik, di mana Hadi Sacko memaksa Simon Mignolet melakukan penyelamatan bagus, dan Kemar Roofe melepaskan sepakan melengkung yang membentur tiang gawang setelah turun minum.

Hal itu terjadi sampai babak kedua saat tuan rumah mulai menemukan irama permainannya, di mana Georginio Wijnaldum melepaskan sepakan yang mengenai tiang gawang beberapa menit sebelum Origi meluncur untuk meneruskan umpan silang dari pemain muda lainnya, Trent-Alexander-Arnold, ke area tiang dekat.

Momen Woodburn tercipta lima menit kemudian, di mana umpan silang Origi ke tiang jauh diteruskan pemain muda yang tidak terkawal ini. Ia menyambar bola ke gawang dan merayakan gol tersebut di depan tribun "The Kop" yang bersuka cita.

Pertandingan menjemukan yang berakhir 0-0 setelah 90 menit di markas Hull mulai menjadi menarik saat perpanjangan waktu, ketika Newcastle meraih keunggulan saat Mohamed Diame memasukkan bola pada menit ke-98 ke gawang bekas klubnya.

Bagaimanapun, keunggulan itu hanya bertahan semenit, di mana Robert Snodgrass menyamakan kedudukan untuk Hull, yang bermain dengan sepuluh pemain pada masa tambahan waktu setelah penyerang Dieumerci Mbokani diusir keluar lapangan pada menit ke-89.

Kiper Hull Eldin Jakupovic menjadi pahlawan pada adu penalti, menggagalkan eksekusi Jonjo Sehelve dan Yoann Goufrann, sedangkan rekan setim mereka di Newcastle Dwight Gayle melepaskan sepakan yang mengenai mistar gawang.   
Arsenal akan menjamu Southampton dan Manchester United menyambut West Ham United pada dua pertandingan tersisa yang dimainkan pada Rabu.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016