Palangka Raya (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 144 orang di Kalimantan Tengah, hingga Maret 2012 terinfeksi HIV/AIDS.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengatakan, apabila dibandingkan dengan keadaan kasus yang sama pada 2006, ada sebanyak 10 kasus.

"Ini berarti ada peningkatan sekitar 1.440 persen dalam enam tahun," kata Teras Narang di Palangka Raya, Selasa.

Dijelaskannya, jika diperkirakan enam tahun ke depan, yang sama percepatan peningkatan persentasenya dengan periode pada 2006 sebanyak 10 orang terinfeksi menjadi 144 orang terinfeksi pada Maret 2012 atau sebesar 1.440 persen, akan terpapar kurang lebih 20.736 orang.

Angka-angka tersebut seharusnya menjadi kewaspadaan agar tidak menjadi lengah dengan lebih meningkatkan perhatian dan partisipasi dari semua pihak dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS.

Dalam estimasi nasional pada 2009, Kalteng ditengarai ada sekitar 1.200 orang yang terinfeksi HIV/AIDS atau orang dengan HIV/AIDS atau ODHA. Sedangkan berdasarkan pengalaman selama ini, tidak mudah menemukan yang terinfeksi.

"Mereka yang telah mengetahui dirinya terinfeksi sebagian besar menutup diri, akan tetapi diantara yang terinfeksi ada yang tidak tahu dirinya terinfeksi HIV/AIDS,"tuturnya.

Yang menjadi kendala, karena banyak yang terinfeksi HIV/AIDS enggan melapor kepada petugas untuk memeriksa dirinya.

Untuk itu, Teras mengingatkan, bagi yang mempunyai aktivitas pada wilayah berisiko tinggi, agar memeriksakan diri dan keluarga. Bila ada anggota keluarga, masyarakat di lingkungan sekitar yang diketahui atau dicurigai terinfeksi, disarankan memeriksakan kesehatannya, agar segera diketahui status penyakitnya untuk diberikan pelayanan semestinya.(ant)


Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012