Bengkulu (Antara) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu menanam ribuan pohon untuk menghijaukan kawasan Danau Dusun Besar, Kota Bengkulu sebagai bagian Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).

"Kegiatan ini bertujuan mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi di daerah aliran sungai," kata Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Achmad Gani Ghazaly Akman di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, GN-KPA telah disepakati delapan kementerian sebagai upaya bersama memulihkan daerah aliran sungai.

Pada 2016, kata Achmad, GN-KPA menanam hampir 300 ribu bibit pohon dan akan dilanjutkan pada 2017.

Kegiatan tersebut bukan hanya sebatas seremonial tapi menjadi gerakan bersama seluruh elemen untuk menjaga kelestarian sungai.

"Tidak hanya jumlah yang ditanam yang kita hitung, tapi berapa yang tumbuh dan memberi manfaat untuk kelestarian sumber mata air," katanya.

Pemilihan lokasi Danau Dusun Besar, kata Achmad, tidak terlepas dari fungsi kawasan cagar alam itu sebagai penyedia air irigasi persawahan di Kota Bengkulu.

Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO mengatakan, penanaman pohon erat kaitannya dengan keberlanjutan sumber daya air.

"Kegiatan ini akan terus kita bumikan, perluas dengan melibatkan anak sekolah, sehingga antusiasme menanam pohon meningkat," katanya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016