Bengkulu (Antara) - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu berharap mendapatkan bagian dari penambahan kuota haji 2017 sehingga bisa memperpendek antrean calon haji.

"Kami mendapatkan kabar bahwa Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota tambahan sekitar 10 ribu jamaah untuk Indonesia. Semoga kami mendapatkan bagian," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Bustasar di Bengkulu, Senin.

Menurut Bustasar, dengan kebagian kuota tambahan, diharapkan daftar tunggu haji Bengkulu akan semakin pendek. Saat ini daftar tunggu haji Bengkulu berkisar 10-15 tahun ke depan.

"Untuk yang berumur 70 tahun ke atas sangat disayangkan jika daftar tunggu hajinya sepanjang itu," kata dia.

Kuota haji Provinsi Bengkulu 2017, lanjut dia berjumlah 1.614 orang dari 10 kabupaten dan kota di Bengkulu.

"Saat ini sudah mulai tahap administrasi haji, yakni untuk calon-calon jamaah yang direncanakan berangkat pada 2017 sesuai dengan daftar tunggu," kata dia lagi.

Pemberangkatan Provinsi Bengkulu juga masih menjadi embarkasi antara, sehingga tetap akan bergabung dengan embarkasi haji Sumatera Barat.

Provinsi Bengkulu terkendala infrastruktur bandara untuk menjadi embarkasi haji penuh. Sampai saat ini Bandara Fatawati belum memungkinkan untuk pesawat berbadan besar.

"Pemerintah daerah tentu punya semangat untuk menjadi embarkasi haji penuh, tetapi ada beberapa hal yang harus terus diperbaiki dan itu tidak bisa langsung jadi, tentunya harus diselesaikan bertahap," ujarnya.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017