Mukomuko (Antara) - Harga cabai merah di tingkat pedagang pengecer di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini sebesar Rp30.000 per kilogram atau turun Rp20.000 per kilogram dibandingkan harga sebelumnya.

"Harga cabai merah turun dari sebesar Rp50.000 menjadi RpRp30.000 per kg karena melimpahnya pasokan cabai merah dari petani setempat," kata pegadang sayuran di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Makomah, di Mukomuko, Minggu.

Pedagang di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko selama dua pekan terakhir menjual cabai merah sebesar Rp50.000 per kg.

Ia mengatakan, mayoritas pedagang di wilayah itu menjual cabai merah lokal yang berasal dari petani di Desa Lubuk Sanai dan Kecamatan Lubuk Pinang.

Ia mengungkapkan, ada beberapa pedagang di pasar itu yang menjual cabai merah sebesar Rp24.000 per kg namun cabai merah busuk atau sudah lama.

"Cabai merah itu yang dijual pedagang dengan harga Rp24.000 per kg itu banyak yang busuk. Cabai merah itu impor dari daerah lain," ujarnya.

Ia mengatakan, mayoritas masyarakat di Kecamatan Kota Mukomuko lebih memilih cabai merah dari petani setempat dari pada cabai merah dari luar daerah.

Ia menerangkan, meskipun saat inmi harga cabai merah di wilayah itu turun namun tidak mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran. Pedagang tetap mengambil keuntungan berkisar sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 per kg.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017