Donetsk, (ANTARA/AFP) - Vicente del Bosque mengatakan performa tim Spanyol, dan bukan pertahanan Prancis, merupakan penyebab kemenangan 2-0 timnya atas Prancis pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2012.
        
Juara dunia dan Eropa tersebut kini mempersiapkan pertemuan dengan negara tetangga, Portugal, di babak semi final setelah dua gol Xabi Alonso, pada penampilan ke-100-nya bagi timnas Spanyol, memberi mereka kemenangan di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, Sabtu waktu setempat atau Minggu dinihari WIB.
        
Rencana pelatih Prancis Laurent Blanc untuk memperkuat posisi bek kanan mendapat pukulan pada menit ke-14, ketika Jordi Alba mampu mengungguli Mathieu Debuchy dan Anthony Reveillere sebelum mengirim umpan silang yang dikonversi menjadi gol pertama Alonso.
        
Spanyol melewati masa-masa ditekan oleh Prancis pada babak kedua, sebelum Alonso mengunci kemenangan timnya melalui titik penalti di masa tambahan waktu, dan Del Bosque mengatakan timnya layak atas kemenangan ini.
        
"Saya tidak ingin berbicara mengenai pelatih di pihak lawan," ucapnya pada konferensi pers setelah pertandingan.
        
"Kami kuat di sektor kiri melalui Jordi dan (Andres) Iniesta, dan dari situlah gol berasal."
   
"Saya tidak berpikir mereka pendek dalam serangan. Mereka memiliki (Franck) Ribery dan (Karim) Benzema. Mereka merangsek ke depan dan membuat sejumlah peluang, dan kemudian (Oliver) Giroud dan (Samir) Nasri masuk."
   
"Saya tidak berpikir mereka hanya memutuskan untuk bertahan. Kami bermain baik sebagai tim dan itu lebih penting daripada masalah yang dimiliki Prancis."
   
Spanyol kini memperpanjang laju tak terkalahkan mereka di pertandingan kompetitif menjadi 18 laga, namun mereka hanya akan memiliki waktu kurang dari dua hari untuk mempersiapkan pertandingan semifinal melawan Portugal, yang mengalahkan Republik Ceko 1-0 pada Kamis (21/6).
        
Dengan Cristiano Ronaldo sedang berada dalam bentuk permainan terbaiknya, Del Bosque paham bahwa pasukannnya harus memulihkan diri secepat mungkin.
        
"Pada akhirnya kami kelelahan, namun itu normal, dan kami akan mencoba mendapat sebanyak mungkin istirahat," tuturnya.
        
"Tentu saja ini sedikit kekurang-beruntungan bagi kami. Namun setidaknya kami beruntung pada hari ini," ujar Del Bosque. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012