Barcelona (Antara/Reuters) - Penalti Lionel Messi mengamankan kemenangan 2-1 Barcelona atas Leganes pada Minggu di Nou Camp, ketika sang juara bertahan Liga Spanyol melihat apakah mereka mampu melupakan kekalahan dari Paris St Germain (PSG) pada tengah pekan.

Messi mencetak kedua gol Barca, mengemas penalti krusial pada menit ke-90, untuk meraih kemenangan yang menjaga harapan mereka meraih gelar -- namun ini merupakan malam lain yang berat untuk pelatih Luis Enrique, yang dicemooh oleh penggemar tuan rumah.

Kemenangan ini membuat Barca tetap berada di peringkat kedua di klasemen dengan 51 angka, tertinggal satu angka dari pemuncak klasemen Real Madrid, yang menang 2-0 atas Eibar pada Sabtu.

Real unggul dua pertandingan yang belum dimainkan atas Barca dan Sevilla, yang menghuni peringkat ketiga dengan koleksi 49 angka setelah kemenangan 2-0 mereka atas Eibar pada Sabtu.

Messi, yang tidak tampil menonjol saat kalah 0-4 dari PSG di Liga Champions, membawa Barca memimpin pada menit keempat namun Leganes mendapat penghargaan untuk perjuangan keras yang membuat mereka mendapatkan sejumlah peluang ketika Unai Lopez menyamakan kedudukan pada menit ke-71 setelah kesalahan besar dari Sergi Roberto.  

Neymar memenangi penalti larut di mana Messi kemudian mengonversi gol untuk mencuri kemenangan bagi Barca, mempertahankan mereka tetap menempel pemuncak klasemen Real Madrid dan untuk sementara menghapus tekanan dari bahu Luis Enrique.

Sang pelatih dicemooh oleh sebagian besar penggemar tuan rumah, namun tetap mendapat sambutan hangat dari sebagian penonton yang lebih vokal.

"Situasi yang kami ciptakan di pertandingan semakin sulit dan Leganes memberikan banyak masalah kepada kami, namun saya terpukau dengan respon tim pada beberapa menit terakhir dan para penggemar yang mendukung kami," kata Luis Enrique kepada para pewarta.

"Hasil PSG memberikan beban berat kepada kami dan kami mengendalikan permainan meski kami kurang percaya diri pada beberapa momen. Namun kami memenangi pertandingan dan bahkan meski kami melakukannya melalui penalti, itu sangat layak disambut hangat."

Sang pelatih melakukan empat perubahan dari timnya yang ditundukkan di Paris, mengistirahatkan Gerard Pique, Jordi Alba, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets.

Timnya mencoba menggebrak sejak awal pertandingan ketika Neymar menyodorkan umpan terobosan kepada Luis Suarez, dan Messi dengan tenang memaksimalkan umpan silang pemain Uruguay itu.

Leganes, yang unggul tiga angka di atas zona degradasi pada musim pertamanya di kompetisi strata tertinggi Spanyol, menjaga ketenangan mereka dan memaksa kiper Barca Marc-Andre ter Stegen melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk mencegah terciptanya gol penyama kedudukan sebelum turun minum.

Gol penyama kedudukan tim tamu tercipta ketika kelihatannya hanya ada sedikit bahaya, ketika Sergi Roberto terjatuh di areanya sendiri di bawah hantaman Darwin Machis dan Miguel Angel Guerrero mengirimkan bola kepada Lopez untuk dituntaskan melewati Ter Stegen.

Gol tersebut memicu cemoohan. Gelandang Andre Gomes disiuli tanpa ampun saat meninggalkan lapangan, ketika ia digantikan Andres Iniesta dalam atmosfer penonton yang berubah menjadi sangat buruk.

Guerrero nyaris mencetak gol larut namun Ter Stegen menggagalkan peluangnya, ketika rekan-rekan setim sang kiper kesulitan untuk menciptakan peluang di sisi lain, di mana peluang Rafinha dapat diblok.

Neymar kemudian terjatuh di sisi kiri kotak penalti akibat hadangan Martin Mantovani, dan membuat Messi dapat dengan mengonversi penalti yang mencegah timnya menelan hasil memalukan untuk kedua kalinya dalam sepakan.

Pada pertandingan Minggu yang dimainkan lebih awal, pemain internasional Italia Simone Zaza mencetak gol perdananya untuk Valencia ketika tim papan bawah Liga Spanyol itu mendulang kemenangan pertama mereka dalam empat pertandingan untuk menang 2-0 atas Athletic Bilbao, dan unggul tujuh angka atas zona degradasi.

Villarreal memenangi pertandingan keduanya di liga pada 2017 dengan menang 1-0 di markas Real Sociedad, sedangkan Celta Vigo menghancurkan tim juru kunci Osasuna 3-0.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017