Bengkulu (Antara) - Pemerintah menyediakan layanan pesawat perintis untuk menerbangi rute Bengkulu-Pulau Enggano, pulau terluar di tengah Samudera Hindia dengan tarif subsidi Rp212 ribu per orang.

"Tarif terbaru sudah ditetapkan untuk penerbangan perintis, salah satunya rute Bengkulu-Pulau Enggano yang mulai terbang 15 Maret nanti," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Fatmawati Bengkulu, Sarosa di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan tarif sebesar Rp212 ribu per tiket tersebut belum termasuk biaya pelayanan jasa penumpang pesawat udara.

Penerbangan Bengkulu-Pulau Enggano ditempuh dalam waktu 40 menit dengan pesawat perintis Susi Air.

Sarosa menambahkan, mulai Maret 2017, jumlah penerbangan ke Enggano bertambah dari dua kali menjadi tiga kali per minggu.

"Penerbangan ke Enggano tiga kali seminggu setiap Senin, Rabu dan Jumat," ucapnya.

Selain rute Bengkulu-Pulau Enggano, pemerintah juga menetapkan rute lainnya, Bengkulu-Mukomuko sebesar Rp235 ribu dan tarif Mukomuko-Padang Rp235 ribu.

Jadwal penerbangan dari Bengkulu-Mukomuko berlangsung dua kali per minggu dan penerbangan Mukomuko-Padang sekali seminggu.

Sebelumnya Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Budi Djatmiko mengatakan penambahan jadwal penerbangan ke Pulau Enggano sesuai dengan permintaan warga yang bermukim di pulau terluar itu.

"Masyarakat mengharapkan penambahan jadwal dan disetujui pemerintah pusat," kata Budi.

Ia mengharapkan dengan penambahan jadwal terbang tersebut, akses dan mobilitas masyarakat Enggano lebih baik dan mampu mendukung peningkatan perekonomian warga, terutama dari sektor pariwisata.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017