Bengkulu (Antara) - Bunga langka Rafflesia Arnoldii ditemukan mekar di dalam kebun warga Desa Sinar Pagi Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma, Bengkulu.

"Ada dua bunga yang kami temukan, satu sedang mekar sempurna dan satu lagi masih berbentuk bonggol, mirip kubis," kata Pendra, warga Sinar Pagi di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan satu bunga dengan diameter 60 centimeter mekar memasuki hari kedua dengan kondisi kelopak membuka sempurna.

Sedangkan satu bunga lainnya yang masih berbentuk bonggol diperkirakan mekar dalam beberapa hari ke depan.

"Bunga itu sudah mekar sempurna dalam beberapa hari ini dan dibuatkan pagar untuk melindungi dari binatang buas," ucapnya.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan informasi bunga mekar di kebun warga Desa Sinar Pagi menambah spot atau titik habitat bunga langka tersebut yang dipetakan komunitas itu.

Sebelumnya, wilayah Seluma juga sudah masuk dalam peta habitat bunga Rafflesia Arnoldii yakni di Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi.

"Informasi ini menambah spot habitat bunga Rafflesia Arnoldii di wilayah Seluma, sehingga ada dua titik," ucapnya.

Selain di Kabupaten Seluma, KPPL juga memetakan spot habitat Rafflesia sp lainnya yakni di Kabupaten Bengkulu Utara, Kaur, Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Rejanglebong.

Sedangkan jenis bunga Rafflesia yang teridentifikasi di wilayah hutan Bengkulu antara lain jenis Rafflesia Arnoldii, Rafflesia Gadutensis, Rafflesia Hasselti dan Rafflesia Bengkuluensis.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017