Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, minta warga setempat melaporkan jumlah bangunan rumah yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5,4 SR yang mengguncang daerah itu pada Minggu (2/4) malam.

"Kami belum menerima laporan kerusakan bangunan rumah masyarakat. Kami minta masyarakat dan kepala desa melaporkannya," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Erwin, di Mukomuko, Senin.

Gempa bumi berkekuatan 5,4 SR itu pada Minggu (2/4) malam pukul sekitar 20.55 WIB mengguncang daerah itu sehingga membuat warga berhamburan keluar dari rumah.

Ia mengatakan, pihaknya membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan jumlah bangunan yang rusak akibat gempa bumi di daerah itu.

Erwin menyatakan, apabila dalam beberapa hari ke depan tidak ada laporan, maka instansi itu menganggap tidak ada bangunan rumah rusak akibat gempa bumi.

Menurutnya, getaran gempa bumi berkekuatan 5,4 SR tersebut terasa kuat di daerah itu, terutama di Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, sejumlah warga yang berada di sepanjang pesisir pantai di daerah itu sudah bersiap untuk mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.

"Awalnya mereka mau mengungsi, setelah ada informasi dari BMKG bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami sehingga mereka batal mengungsi," ujarnya. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017