Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu merilis peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir, terutama di delapan wilayah kabupaten.

"Intensitas hujan mulai sedang hingga lebat berpotensi melanda delapan kabupaten sehingga perlu waspada banjir dan longsor," kata Prakirawan BMKG Bengkulu, Pebri Surgiansyah di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan delapan wilayah kabupaten yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yakni Kabupaten Lebong, Rejanglebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Potensi hujan kata dia, terjadi pada siang hingga malam hari sehingga warga yang bermukim di bantaran sungai dan wilayah rawan longsor diimbau waspada.

"Apalagi potensi hujan sebagian besar terjadi pada malam hari saat warga istirahat sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan," ucapnya.

Wilayah yang rawan longsor mulai dari Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejanglebong dan Lebong.

Sedangkan wilayah yang rawan banjir antara lain Kabupaten Seluma dan Kaur yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.

Sementara kondisi suhu tambah Pebri berkisar 21 derajat Celcius hingga 31 derajat Celcius, dengan kecepatan angin rata-rata 10 kilometer per jam. ***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017