Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan pada tahun 2017 akan membangun pasar kuliner yang berlokasi di Lapangan Setia Negara Curup.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Rejang Lebong Margono, di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pemkab setempat pada tahun ini sudah menganggarkan dana sebesar Rp1,3 miliar untuk pembangunan pasar kuliner yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Pelaksanaan pembangunan pasar kuliner di Lapangan Setia Negara akan dilaksanakan tahun ini, anggarannya sudah disediakan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 dengan besaran mencapai Rp1,3 miliar," katanya.

Pembangunan pasar kuliner di daerah ni, kata dia lagi, akan dilaksanakan secara bertahap dengan target dua tahun anggaran sudah selesai, dan perkiraan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp3 miliar.

Pengerjaan tahap awal pada tahun ini, anggaran yang dikucurkan sebesar Rp1,3 miliar, dan untuk pengerjaan tahap penyelesaian dimasukkan dalam APBD 2018 dengan besaran berkisar Rp1,7 miliar.

Selain akan membangun pasar kuliner di Lapangan Setia Negara Curup, Pemkab Rejang Lebong pada tahun ini juga akan membangun pasar tradisional di beberapa kecamatan di antaranya di Kecamatan Sindang Kelingi tepatnya di Desa Belitar dengan anggaran Rp4,3 miliar.

Dana itu bersumber dari pusat yakni dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp3,8 miliar, dan sisanya Rp500 juta bersumber dari dana pendamping dari APBD setempat.

Pembangunan kedua pasar ini ditargetkan berjalan pada pertengahan 2017 mendatang, untuk pasar tradisional di Desa Belitar akan dibangun di atas lahan seluas 0,5 hektare dengan tipe D yang dilengkapi sarana dan prasarana penunjang yang lengkap mulai dari kantor, musala, parkir, gapura, dan termasuk sarana jalan menuju pasar.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017