Rejang Lebong (Antara) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyebutkan kuota haji daerah itu untuk tahun keberangkatan 2017 bertambah lima orang menjadi 235 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Rejang Lebong Akhmad Hafizuddin di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan penambahan kuota daerah itu mereka terima setelah pemerintah kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan 10.000 jamaah untuk Indonesia.

"Kabupaten Rejang Lebong mendapat penambahan kuota sebanyak lima orang, hal ini setelah Provinsi Bengkulu mendapat tambahan dari pemerintah pusat sebanyak 31 orang," katanya.

Dengan adanya penambahan lima orang, maka kuota haji Kabupaten Rejang Lebong menjadi 235 orang.

Kuota haji Rejang Lebong ini kembali normal, yakni sebanyak 230 orang setelah sempat dilakukan pengurangan menjadi 184 orang karena adanya pembangunan kompleks Masjidil Haram oleh Kerajaan Arab Saudi.

Penambahan kuota haji itu dikuatkan dengan surat keputusan Gubernur Bengkulu yang mengatur pembagian kuota tambahan yang diterima oleh 10 kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, untuk daftar tunggu warga Kabupaten Rejang Lebong yang akan menunaikan ibadah haji saat ini sudah mencapai 3.400 orang.

Untuk itu bagi CJH yang akan berangkat haji tahun 2017 terhitung 10 April sampai dengan 5 Mei nanti guna melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk tahap I.

Dari 235 orang yang akan berangkat setidaknya sudah ada 59 orang melunasinya.

Sedangkan pelunasan tahap II masih menunggu petunjuk dari Kantor Kementerian Agama. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017