Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat akan memfasilitasi pembentukan pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

"Kami siap memfasilitasi pembentukan HNSI sesuai dengan permintaan dari HNSI provinsi setempat agar daerah ini memiliki HNSI," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Selasa.

Ia menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan bupati untuk meminta petunjuk terkait pembentukan HNSI daerah itu.

Ia menargetkan pembentukan pengurus HNSI setempat dapat dilaksanakan tahun ini agar HNSI membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi nelayan setempat.

Selain itu, menurutnya, HNSI membantu pemerintah setempat dalam menyelesaikan berbagai konflik antarnelayan.

"Pengurus HNSI terdiri dari gabungan kelompok nelayan sehingga mereka lebih mengetahui permasalahan nelayan dan penyebab terjadi konflik antarnelayan," ujarnya.

Selain itu, ia berharap pengurus HNSI ikut bersama-sama dengan instansi itu memperjuangkan anggaran untuk pembangunan berbagai infrastruktur perikanan tangkap di daerah itu.

"Pemerintah setempat mitra dengan HNSI dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan," ujarnya.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017