Bengkulu (Antara) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Provinsi Bengkulu menyebutkan pendistribusian perdana beras sejahtera (rastra) untuk 2017 di daerah itu baru akan digelar pada Mei.

Kepala Bulog Divre Bengkulu Subali Agung Gunawan di Bengkulu, Kamis, mengatakan sampai akhir April 2017 ini baru dua kabupaten yang mengajukan surat perintah alokasi (SPA), yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu.

"Untuk Bengkulu Utara saja baru dua kecamatan yang mengajukan, dan kabupaten lainnya juga belum ada mengajukan SPA," kata dia.

Oleh sebab itu Bulog belum bisa mendistribusikan rastra pada minggu keempat April 2017. Agung mengimbau seluruh pemerintah daerah di Provinsi Bengkulu agar segera mengajukan surat perintah alokasi rastra yang akan di distribusikan.

"Tanpa SPA kita tidak bisa mendistribusikan ke titik distribusi di kabupaten dan kota, kita harapkan seluruhnya awal Mei ini sudah mengajukan mengingat sebentar lagi sudah Ramadhan," kata dia lagi.

Jika rastra telah sampai ke rumah tangga sasaran sebelum bulan puasa, maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok untuk Ramadhan.

"Mereka tidak lagi pusing memikirkan biaya membeli beras, dan uangnya juga bisa dimanfaatkan untuk yang lain," ucap Agung.

Rastra juga diharapkan mampu menjaga stabilitas inflasi, sebab tekanan permintaan komoditas tersebut di pasaran akan berkurang, yakni dampak dari sebagian besar masyarakat telah memiliki stok dan persiapan beras.

"Karena ini pendistribusian perdana di 2017, rastra yang akan diterima rumah tangga sasaran nantinya yakni kuota untuk tiga bulan Januari-Maret, cukup bahkan untuk stok kebutuhan Ramadhan," ujarnya. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017