Bengkulu (Antara) - Perum Bulog Divisi Regional Bengkulu berencana untuk mendistribusikan sebanyak 12.000 ton beras sejahtera (rastras) kepada masyarakat setempat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Itu kuota rastra sampai Juni 2017, kami siap distribusikan namun juga bergantung pada kesiapan pemerintah masing-masing daerah," kata Kepala Bulog Divre Bengkulu Subali Agung Gunawan di Bengkulu, Rabu.

Dia mengatakan memasuki minggu kedua Ramadhan, rastra yang telah didistribusikan sebanyak 5.137 ton atau 46,16 persen dari jumlah kuota Januari--Juni 2017.

Realisasi tertinggi di Kabupaten Kepahiang, distribusi sudah mencapai 79 persen dari kuota rumah tangga sasaran di kabupaten itu. Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Utara, beras sejahtera yang telah terdistribusi yakni sebanyak 1.291 ton atau sebesar 66 persen.

Distribusi paling rendah yakni Kabupaten Bengkulu Tengah, baru sebanyak 50 ton atau delapan persen dari jumlah kuota Januari--Juni 2017.

"Tetapi pihak Pemkab Bengkulu Tengah sudah mengirimkan surat perintah alokasi, beberapa hari ke depan akan didistribusikan," kata dia.

Bulog juga menjamin kualitas beras yang akan diterima rumah tangga sasaran merupakan komoditas berkualitas dan layak konsumsi.

"Berkat kritik dan saran dari masyarakat, kami terus meningkatkan kualitas dan pengawasan beras yang akan didistribusikan," ujarnya.

Pengucuran bantuan rastra ini juga ditargetkan mampu mengendalikan harga beras di pasaran, sehingga tidak terjadi lonjakan harga mendekati lebaran.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017