Bengkulu (Antara) - Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Bengkulu meminta masyarakat setempat yang menjadi peserta JKN-KIS dan berniat mudik lebaran agar tidak lupa membawa kartu JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Mairiyadi di Bengkulu, Kamis, menyebutkan, peserta bisa mendapatkan layanan kesehatan dimana saja termasuk di tempat yang mereka kunjungi tanpa harus membawa surat rujukan hanya dengan memperlihatkan kartu JKN-KIS.

"Jadi perlu kita ingatkan lagi, jangan lupa dibawa, kami berharap masyarakat mudik nyaman bersama BPJS," kata dia.

Selain kartu JKN-KIS, masyarakat yang akan mudik juga diharapkan meng"instal" aplikasi "mudik BPJS Kesehatan" untuk pengguna telepon seluler android dan iphone.

Dengan aplikasi tersebut, peserta JKN-KIS yang berada di kampung halaman bisa melihat fasilitas kesehatan yang memberikan layanan kesehatan BPJS selama libur lebaran.

"Disana juga bisa dilihat fasilitas kesehatan mana yang terdekat dari lokasi peserta," kata dia lagi.

Selain itu, peserta jaminan BPJS juga akan mendapatkan fasilitas nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, faskes mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, info dan tips dari BPJS.

Jadi masyarakat pemegang jaminan BPJS Kesehatan kata dia tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan pelayanan selama libur lebaran.

Kebijakan prosedur layanan kesehatan libur lebaran ini lanjut dia berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Pada masa itu masyarakat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit juga tidak perlu mengurus surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

"Tentu repot kalau harus meminta rujukan sementara kita berada di tempat yang jauh dari lokasi kita terdaftar, oleh karena itu pada libur lebaran ada pengecualian," ujarnya.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017