Rejang Lebong (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan 21 pusat kesehatan masyarakat guna melayani pemudik Lebaran 2017 yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Asri, di Rejang Lebong, Rabu, ke-21 puskesmas disiagakan selama pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah tersebar dalam 15 kecamatan.

"Puskesmas ini mulai disiagakan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran 2017 puskemas harus siaga 24 jam sebagai bentuk dukungan kita terhadap warga Rejang Lebong maupun pemudik yang melintas di daerah ini. Jadi walaupun nanti libur Lebaran puskesmas ini melayani warga dimana akan ada petugas piket yang berjaga," katanya.

Selain itu khusus untuk Puskesmas yang terletak di tepi Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, yang memiliki ruang pelayanan rawat inap juga akan membuka pelayanan selama 24 jam dengan sistem piket guna mengantisipasi bahaya kecelakaan lalulintas maupun melayani pemudik Lebaran yang butuh pelayanan kesehatan.

Puskesmas yang terletak di pinggir Jalan Lintas tersebut adalah Puskesmas Sambirejo di Kecamatan Selupu Rejang, Puskesmas Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang dan Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Selain menyiagakan Puskesmas pihaknya juga tambah dia, sudah menempatkan sejumlah petugas medis dari seluruh Puskesmas yang ada di wilayah itu untuk bergabung di lima Posko Mudik Lebaran 2017 tersebar di tiga Pos Pengamanan yakni Pos Bang Mego, dan dua pos di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau yang berada di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi dan Dusun Talang Gunung, Kecamatan Binduriang.

Kemudian di tiga pos pelayanan diantaranya di kawasan wisata Suban Air Panas, Kecamatan Curup Timur, di kawasan pos di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang.

Setiap puskesmas, kata Asri, akan bergiliran menempatkan petugasnya di pospam maupun posyan dengan jumlah sebanyak dua orang di setiap pos. Selain itu di puskesmas disiagakan ambulans tetapi tidak siaga karena dipakai di tiap puskesmas, namun bila diminta membawa pasien mereka akan segera datang.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017