Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sejumlah pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO yang sebelumnya tidak beroperasi karena libur lebaran Idul Fitri, kini mulai menerima buah sawit petani setempat.

"Sejumlah pabrik CPO yang mulai menerima buah sawit petani setempat, yakni pabrik PT KSM, PT MMIL dan PT KAS," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudiyanto, di Mukomuko, Jumat.

Sebanyak 10 pabrik CPO di daerah itu sebelumnya terakhir menerima buah sawit petani menjelang libur lebaran Idul Fitri mulai tanggal 21 dan 22 Juni tahun ini.

Ia mengatakan, saat ini belum semua pabrik di daerah itu yang beroperasi lagi karena batas terakhir sejumlah pabrik CPO di daerah itu menerima tandan buah segar kelapa sawit petani setempat berbeda.

"Jadwal libur lebaran setiap pabrik CPO berbeda, begitu juga batas terakhir libur," ujarnya.

Ia menyebutkan, sebanyak jadwal libur lebaran sebanyak tiga pabrik CPO setempat, yakni PT MMIL, PT DDP, PT KAS dan PT KSM mulai tanggal 21 Juni sampai 29 Juni tahun ini.

Kemudian, lanjutnya, jadwal libur lebaran pabrik PT S3 mulai tanggal 22 Juni dan buka kembali tanggal 1 Juli tahun ini, pabrik PT. BMK tanggal 22 juni buka kembali tanggal 3 Juli 2017.

"Sedangkan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi mulai tanggal 21 Juni sampai 1 Juli," ujarnya lagi.***3***

Pewarta: Feri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017