Mukomuko (Antara) - Pemerintah pusat segera merehabilitasi sebanyak 204 bangunan rumah tidak layak huni milik keluarga miskin di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Rehabilitasi rumah tidak layak huni dalam waktu dekat ini," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Mukomuko, Edy Yanto di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat pada tahun ini akan mendapatkan bantuan program rehabilitasi sebanyak 204 rumah tidak layak huni milik warga masyarakat setempat dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi setempat dan pemerintah pusat terkait pelaksanaan rehabilitasi bangunan rumah tidak layak huni tersebut.

Ia memastikan, tidak ada lagi perubahan keluarga warga miskin di daerah itu yang menerima program rehabilitasi rumah tidak layak huni di daerah itu.

Tim dari Kementrian PUPR bersama dengan pemerintah setempat telah menyelesaikan verifikasi sebanyak 204 bangunan rumah tidak layak huni di daerah itu.

Ia mengatakan, penyaluran dana untuk rehabilitasi sebanyak 204 bangunan rumah ini dibagi beberapa tingkatan, yakni rumah rusak dengan kualitas ringan sebesar Rp7,5 juta, sedang Rp10 juta dan berat Rp15 juta.

Ia mengatakan, meskipun hasil verifikasi ulang data sebanyak 204 bangunan rumah ini ada beberapa rumah yang sebelumnya tidak layak huni, namun jumlah bangunan rumah tidak layak huni yang direhabilitasi tetap sebanyak 204 bangunan.

Hal itu karena sejumlah bangunan rumah layak huni sehingga digantikan dengan bangunan rumah warga lainnya yang tidak layak huni. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017