Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan baru tiga dari 17 Puskesmas di daerah itu yang lulus akreditasi.

"Tiga Puskesmas tersebut, yakni puskesmas Kecamatan Penarik akreditasi dasar, puskesmas Dusun Baru akreditasi dasar dan puskesmas Kecamatan Air Manjuto akreditasi madya," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Erik Prasetya di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, dua Puskesmas di Kecamatan Penarik dan Desa Dusun Baru lulus akreditasi pada tahun 2016, kemudian Puskesmas Air Manjuto tahun ini.

Ia mengatakan, meskipun Puskesmas Air Manjuto lulus akreditasi pada tahun ini, namun pendampingan dan penilaian terhadap Puskesmas tersebut sejak tahun 2016.

Selanjutnya, ia mengusulkan, akreditasi empat Puskesmas di daerah itu, yakni Puskesmas Kecamatan Air Rami, Puskesmas Kecamatan Ipuh, Puskesmas Kecamatan Kota Mukomuko dan Puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang.

Ia mengatakan saat ini Tim Akreditasi Tingkat kabupaten setempat terus mendampingi empat puskesmas di daerah itu.

Setelah ini, dia mengatakan, Tim Surveyor Akreditasi Kementrian Kesehatan RI yang akan memberikan penilaian terhadap empat Puskesmas tersebut.

"Tim dari pusat ini yang memberikan penilaian dan menentukan Puskesmas tersebut akreditasi dasar atau madya," ujarnya. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017