Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan dalam waktu dekat mereka akan membangun jalan baru menuju Objek Wisata Batu Betiang.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Rejang Lebong, Suhadi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pembangunan jalan wisata itu akan dilaksanakan menggunakan anggaran yang sudah disiapkan dalam APBD 2017 debesar Rp1,5 miliar.

"Jalan akan dibangun tahun ini dan proyeknya masih dalam proses tender. Jalan yang akan dibangun ini sepanjang dua km, dengan lebar lima meter," katanya.

Pembangunan jalan wisata itu, kata dia, guna mendukung program membuka destinasi wisata baru di daerah itu berupa pekerjaan pembukaan jalan akses wisata situs Batu Betiang dan Taman Hutan Madapi di Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Pembangunan jalan wisata menuju Air Terjun Batu Betiang itu sendiri, tambah dia, dibiayai pemkab setempat dengan tujuan mempermudah pengunjung yang akan datang ke kawasan wisata alam yang berada dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Dari lima km jalan yang akan dibuka, kata dia, sepanjang dua km dibangun menggunakan anggaran Pemkab Rejang Lebong, sedangkan tiga km lagi masih akan dikoordinasikan dengan pihak TNKS mengingat sudah berada dalam kawasan hutan lindung.

Untuk itu dia berharap pembangunan jalan wisata itu dapat berjalan lancar sehingga dapat memudahkan pengunjung datang ke lokasi wisata baru yang berada di Dusun Merasi, Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya tersebut.

Sebelumnya pada awal 2017, Pemkab Rejang Lebong dan Balai Besar TNKS sudah melakukan perjanjian kerja sama pengelolaan Kawasan Wisata Alam Batu Betiang, dimana pengelolaannya dilakukan oleh pihak ketiga atau BUMD dengan jangka waktu pengelolaan bisa sampai 50 tahun.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017