Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Sosial setempat berencana menerapkan Sistem Elektronik Warung (E-Warung) dalam menyalurkan beras sejahtera (Ranstra) kepada rumah tangga sasaran (RTS) di daerah itu.

"Kita akan gunakan E-Warung untuk mempermudah penyaluran ranstra kepada RTS," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Hariyadi Nazar, di Mukomuko, Ahad.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada beberapa wilayah di Kota Bengkulu yang sudah menerapkan sistem ini dalam menyalurkan ranstra kepada RTS.

Ia menilai, cara ini efektif dalam menyalurkan ranstra karena E-Warung ini berada di desa, kecamatan dan kelurahan yang mudah dijangkau oleh warga.

Ia mengusulkan, E-Warung ini berada setiap kecamatan di daerah itu. Bila perlu berada di desa guna memudahkan RTS mendapatkan ranstra.

Menurutnya, selain lokasinya mudah dijangkau, RTS lebih cepat mendapatkan ranstra. RTS tidak perlu lagi menunggu lama setelah menyetorkan uang untuk mendapatkan ranstra.

Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Bengkulu telah mendistribusikan beras sejahtera kepada sebanyak 9.221 rumah tangga sasaran (RTS) di daerah itu.

Jumlah RTS yang menerima bantuan beras sejahtera dari pemerintah tersebut bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak 8.383 RTS.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017