Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu membagikan 500 ekor itik air kepada lima kelompok tani yang tersebar di daerah itu.

"Sebanyak lima kelompok tani yang menerima bantuan ratusan itik air itu yakni tiga kelompok tani dari Kampung Sejahtera di Kelurahan Koto Jaya, satu kelompok tani Desa Rawa Mulya dan Desa Ranah Karya Kecamatan XIV Koto," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko, Selasa.

Warsiman mengatakan lima kelompok tani tersebut masing-masing menerima 100 ekor itik air yang terdiri dari 70 ekor itik air betina dan 30 itik jantan.

Bantuan tersebut lebih banyak untuk kelompok tani di Kampung Sejahtera atau Kampung KB di Kelurahan Koto Jaya sesuai dengan program pemerintah yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Ia menerangkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB tersebut.

Untuk itu, salah satu kegiatan dinas itu adalah pengadaan itik air, selanjutnya itik air ini diberikan kepada kelompok tani di wilayah tersebut.

Bantuan 500 ekor itik air itu bersifat hibah sehingga tidak ada kewajiban kelompok tani mengembalikan hasil produksinya kepada pemerintah daerah. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017