Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini membutuhkan penambahan sekitar 10 dokter umum untuk 11 puskesmas perawatan atau rawat inap di daerah itu.

"Kami sudah menyampaikan usulan penambahan dokter umum untuk puskesmas itu kepada Kementerian Kesehatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan saat ini instansinya membutuhkan penambahan tenaga dokter karena sebentar lagi masa tugas tiga orang dokter umum yang berstatus sebagai pegawai tidak tetap (PTT) berakhir masa tugasnya di tiga puskesmas.

Tiga orang dokter tersebut selama ini bertugas di Puskesmas Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Malin Deman dan Kecamatan Air Rami.

Selain itu, katanya, untuk memenuhi standar operasional pelayanan di bidang kesehatan, yakni dua hingga tiga orang dokter setiap puskesmas.

"Tiga orang dokter di puskesmas rawat inap dan dua orang dokter di puskesmas rawat jalan," ujarnya.

Ia menyatakan tidak semua puskesmas di daerah itu memiliki dokter umum. Seperti pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Sungai Rumbai dibantu dokter umum di Puskesmas Kecamatan Pondok Suguh.

Sedangkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Air Dikit, katanya, dibantu oleh seorang dokter yang berstatus sebagai tenaga kerja sukarela.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017