Rejang Lebong (Antara) - Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Selasa, mulai mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa serentak tahap kedua di daerah itu.

Menurut keterangan Sekretaris Dinsos dan PMD Rejang Lebong, Ahmed Chalid usai pendistribusian logistik pilkades, logistik yang dikirim ini berupa surat suara, kotak, bilik suara, blanko undangan dan lainnya.

"Logistik pilkades serentak yang akan dilaksanakan di lima desa di Kabupaten Rejang Lebong ini setelah di`packing`," katanya.

Selanjutnya didistribusikan ke pihak kecamatan terlebih dahulu, sebelum dibagikan ke desa-desanya yang akan melaksanakannya. "Logistik pilkades ini untuk sementara disimpan di kantor Polsek masing-masing kecamatan," katanya.

Logistik yang didistribusikan untuk lima desa yang akan melaksanakan pilkades serentak tahap kedua tersebut, kata dia, setelah disimpan di kantor Polsek. Selanjutnya oleh tim fasilitasi kecamatan pada Rabu (9/8) di distribusikan ke panitia pilkades di desa masing-masing.

"Untuk logistik pilkades berupa surat suara akan dilakukan penghitungan ulang sebelum dilipat oleh tim pelaksana pilkades di tingkat desa," ujarnya.

Sementara itu, surat suara yang sudah dicetak oleh tim fasilitasi kabupaten, yakni Dinsos dan PMD Rejang Lebong, terdapat beberapa puluh lembar surat suara yang mengalami kerusakan sehingga sebelum pendistribusiannya dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar dan disaksikan langsung oleh aparat Polres Rejang Lebong.

Adapun surat suara pilkades yang didistribusikan tersebut, kata dia, sudah termasuk surat suara tambahan sebanyak dua persen antara lain untuk Desa Tebat Tenong Luar, Kecamatan Bermani Ulu Raya sebanyak 490 lembar, kemudian Desa Turan Baru, Kecamatan Curup Selatan sebanyak 632 lembar.

Seterusnya surat suara pilkades Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi, sebanyak 1.291 lembar, kemudian surat suara Pilkades Desa Sinar Gunung, Kecamatan Sindang Dataran sebanyak 2.561 lembar dan surat suara Desa Ujan Panas, Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak 365 lembar. ***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017