Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini menganggarkan dana sebesar Rp500 juta dalam APBD untuk operasional dalam penyaluran beras sejahtera (Ranstra) yang sebelumnya dibebankan kepada keluarga warga penerima manfaat.

"Sebagian dana itu untuk operasional kendaraan, biaya bongkar muat beras ranstra dari gudang ke titik bagi," kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Melia Padjriani, di Mukomuko, Senin.

Selain itu, katanya, dana sebesar itu untuk operasional petugas yang membagikan Ranstra. Petugas ini mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

Ia menyebutkan, sebanyak dua orang petugas tingkat kecamatan dan tiga orang petugas tingkat desa yang membagikan beras sejahtera kepada keluarga penerima manfaat bantuan ini.

Selain itu, katanya, dana tersebut juga untuk operasional anggota tim koordinasi yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Ia mengatakan, anggota tim ini bertugas mengawasi pelaksanaan pembagian beras ranstra mulai dari tajap awal sampai beras dibagikan kepada keluarga penerima manfaat bantuan ini.

Ia menerangkan, Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Bengkulu telah selesai mendistribusikan beras sejahtera kepada sebanyak 9.221 keluarga pemerima manfaat.

Ia mengatakan, jumlah keluarga penerima manfaat bantuan dari pemerintah tersebut bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak 8.383 RTS.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017